Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung Perunggu Moore Digondol Maling

Kompas.com - 13/10/2013, 21:42 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LONDON, KOMPAS.com -- Pencuri menggondol patung perunggu bernilai tinggi karya Henry Moore dari sebuah taman di Scotlandia. Patung "Standing Figure" yang dibuat tahun 1950 itu, merupakan satu dari empat karya Moore di Taman Patung Glenkiln, dekat Shawhead, Scotlandia.

Polisi, pada Minggu (13/10/2013), sebagaimana dikutip kantor berita AP melaporkan, patung tersebut merupakan salah satu patung "bernilai tinggi" dan berharap masyarakat membantu memberikan informasi keberadaan patung perunggu ini.

Moore meninggal dunia tahun 1986, dan dia merupakan satu dari para artis terbaik Inggris pada abad ke-20. Para pencuri ini sudah mengincar patung karya Moore ini selama bertahun-tahun belakangan.

Sejauh ini, mereka berhasil mengambil "Standing Figure" buatan tahun 1950 itu. Guna memberi efek jera, polisi bertindak tegas kepada para pencuri barang seni bernilai tinggi. Pada tahun 2012, dua pria di penjara karena mencuri "the Sundail", sebuah patung bernilai sampai 500.000 poundsterling atau sekitar Rp 900 juta dari Henry Moore Foundation di Inggris timur.

Tahun 2010, sebuah lukisan "Three Reclining Figures on Pedestals" di gondol maling dari galeri di Worcestershire, Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com