Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir Setengah Juta Orang Mengungsi Jelang Badai di India

Kompas.com - 12/10/2013, 17:11 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.COM -
Hampir setengah juta orang dievakuasi dari pantai timur India yang miskin menjelang topan besar Phailin yang diperkirakan mendarat pada Sabtu (12/10) malam, kata sejumlah pejabat.

"Totalnya 440.000 orang yang evakuasi," kata Marri Shashidhar Reddy, wakil ketua Otoritas Manajemen Bencana Nasional, dalam sebuah konferensi pers menjelang kedatangan Topan Phailin itu. "Kami akan berada di medan perang" ketika topan itu tiba, katanya kepada wartawan di New Delhi, ibukota India.

Para petugas bantuan bencana bergegas untuk memindahkan orang-orang dari tempat perlindungan mereka yang rentan agar keluar dari jalur topan yang akan melanda negara bagian Orissa dan Andhra Pradesh itu. Reddy menambahkan bahwa kadang-kadang pihak berwenang harus "memaksa" warga desa yang enggan meninggalkan rumah mereka walau hujan dan angin kencang sudah melanda.

Evakuasi itu merupakan yang ketiga terbesar dalam sejarah India setelah 650.000 orang diungsikan di Andhra Pradesh tahun 1990 agar keluar jalur siklon dan 550.000 orang pada 2009 di negara yang sama karena banjir, kata Reddy .

Orang-orang meninggalkan rumah mereka, memikul hartanya di punggung mereka, saat hujan mendera.

Reddy mengatakan, sektor listrik dan pertanian akan paling parah terkena badai itu. "Tanaman pertanian pasti akan sangat terpengaruh," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com