Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu Malam Angin Puyuh Phailin Sambangi Timur India

Kompas.com - 12/10/2013, 13:37 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Departemen  Meteorologi India (IMD) memastikan dalam peringatan tertingginya kalau angin puyuh Phailin akan menyambangi Timur India pada Sabtu (12/10/2013) malam. Warta PTI menunjukkan kalau sudah ada imbauan agar ribuan penduduk bersiap mengungsi, menghindari empasan angin superkencang itu.

Paling tidak, sejak Jumat kemarin kekuatan topan itu sudah memenuhi seluruh Teluk Benggala. "Kecepatannya bisa mencapai 240 kilometer per jam," kata Direktur Umum IMD Laxman Singh Rathore.

Sky News Pasukan China berlari bersamaan saat gelombang besar menghantam pesisir Wenlin di Provinsi Fujian, China. Topan Fitow dengan kecepatan 100 kilometer per jam adalah topan ke-23 yang menghantam China tahun ini.

Ia menambahkan, kemarin, Phailin sudah berada di posisi 400 kilometer di lepas pantai Timur India. "Phailin bergerak 15 kilometer per jam," tuturnya.

Lebih lanjut, menurut Laxman Singh, Phailin berukuran hingga 500 kilometer. "Pailin punya potensi kerusakan tinggi lantaran kecepatannya," demikian Laxman Singh Rathore.

Jay Morales / AFP Foto udara ini menampilkan sebuah kota kecil di Provinsi Compostella Valley, Mindanao, Filipina yang hancur lebur diterjang Topan Bopha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com