Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuba Umumkan Pemred Baru Media Nasionalnya

Kompas.com - 11/10/2013, 12:02 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kuba adalah negara komunis yang kini terbilang "nyeleneh". Soalnya, negeri yang pernah dipimpin oleh Fidel Castro ini mengumumkan kepada publik nama pemimpin redaksi (pemred) terbaru untuk media nasional Granma. Sebuah kebijakan tak lazim lantaran jarang sekali sebuah negara komunis menempuh kebijakan itu.  

Pelayo Terry kini menjadi pemred koran nasional Kuba, Granma. Koran ini adalah corong politik Politbiro Partai Komunis Kuba.

Menurut warta Bernama pada Jumat (11/10/2013), ternyata, Terry mantan wartawan perang. Lama meliput perang di Ethiopia, Terry menggantikan pejabat lama Lazaro Barredo. Barredo sudah menjadi pemred delapan tahun lamanya.

Terry boleh dibilang berbeda dengan Barredo. Soalnya, dia mengaku sudah lama punya akun Twitter. Lagian, Terry adalah sosok jurnalis yang memanfaatkan media sosial untuk berdialog.

Partai

Sebelum menjadi orang nomor satu di Granma, Terry adalah pemimpin redaksi Juventud Rebelde. Koran ini pun milik pemerintah komunis Kuba untuk kalangan pemuda.

Dus, posisi yang ditinggalkan oleh Terry di Juventud Rebelde diisi oleh wakilnya, Marina Menendez.

Waktu yang berubah memang memaksa Kuba juga ikut berubah. Keputusan untuk mengumumkan nama tersebut memang muncul saat kongres partai pada musim panas ini. Sebuah sinyal perubahan?

Kendati begitu, pemerintah masih berkuasa atas media baik koran dan televisi. Paling tidak, mayoritas berita di kedua media itu kebanyakan berisi kunjungan pejabat dan warta soal pertumbuhan ekonomi Kuba yang dikatakan selalu membaik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com