Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Buron AS, Snowden Malah Dapat Penghargaan Intelijen Berintegritas

Kompas.com - 11/10/2013, 10:15 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM — Buronan AS, Edward Snowden, dianugerahi sebuah penghargaan tahunan oleh mantan staf CIA karena memperlihatkan "integritas dalam intelijen". Demikian kata kelompok itu, Kamis (10/10/2013) waktu setempat. Pria 30 tahun itu, yang saat ini berada di Rusia, dicari Washington atas tuduhan spionase setelah mengungkapkan rincian tentang cakupan luas dari operasi pemantauan Pemerintah AS.

Proyek Akuntabilitas Pemerintah mengatakan, Snowden menerima Sam Adams Award, sebuah "tempat lilin simbolis", dalam sebuah upacara di Moskwa, Rusia, pada Rabu malam. Menurut kelompok tersebut, mereka yang hadir termasuk mantan analis senior National Security Agency (NCA) Thomas Drake, mantan penasihat etika Departemen Kehakiman Jesselyn Radack, mantan agen FBI Coleen Rowley, dan mantan analis CIA Ray McGovern.

Dalam sebuah pernyataan di situsnya, kelompok itu mengatakan penghargaan tersebut "diberikan setiap tahun oleh sekelompok pensiunan perwira CIA bagi anggota komunitas intelijen yang menunjukkan integritas dalam bidang intelijen".

Pengumuman penghargaan itu muncul pada hari saat ayah Snowden mendarat di ibu kota Rusia dan berharap bisa bertemu anaknya untuk pertama kalinya sejak mantan agen mata-mata AS menjadi buronan. Dalam sejumlah komentar, sang ayah mengakui bahwa dirinya masih tidak tahu di mana anaknya tinggal.

Keberadaan Snowden telah menjadi misteri sejak Rusia memberikan suaka sementara kepadanya.

Proyek Akuntabilitas Pemerintah, yang mengatakan misinya adalah untuk mempromosikan akuntabilitas perusahaan dan pemerintah, tidak mengungkapkan rincian apa pun tentang lokasi acara mereka di Moskwa pada hari Rabu itu. Namun, Radack, yang kini bergabung dengan Proyek Akuntabilitas Pemerintah, mengatakan bahwa Snowden tampak baik-baik saja. Dia mengikuti secara saksama, baik di Amerika Serikat maupun global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com