Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Kecam Langkah AS Tunda Bantuan Militer

Kompas.com - 10/10/2013, 16:28 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Kementerian Luar Negeri Mesir, Kamis (10/10/2013), mengecam keputusan Amerika Serikat yang menunda sebagian bantuan militer dan ekonomi untuk Pemerintah Mesir yang didukung militer.

"Keputusan itu salah. Mesir tidak akan menyerah terhadap tekanan AS dan akan melanjutkan jalan menuju demokrasi sesuai dengan rencana," kata Juru Bicara Kemenlu Mesir Badr Abdelatty kepada sebuah stasiun radio Mesir.

Sebelumnya, pada Rabu (9/10/2013), Washington memutuskan untuk menunda pengiriman sejumlah helikopter serbu Apache, termasuk peluru kendali Harpoon dan suku cadang tank ke Mesir.

Pemerintah AS menegaskan, penundaan bantuan ekonomi dan militer ke Mesir ini tidak bersifat permanen.

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan tidak semua bantuan militer untuk Mesir dihentikan. Jika menyangkut kontraterorisme dan keamanan di Semenanjung Sinai yang berbatasan dengan Israel, maka bantuan tetap dikucurkan.

AS juga tetap mengucurkan bantuan untuk sejumlah sektor yang berkaitan dengan kepentingan publik, seperti pendidikan, kesehatan, dan pengembangan sektor swasta.

Sejak 1979 ketika Mesir dan Israel menandatangani pakta perdamaian di Camp David, AS secara rutin mengucurkan bantuan ekonomi dan militer setiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com