Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Fitow Masih Bercokol di Timur China

Kompas.com - 10/10/2013, 13:01 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Di kawasan Timur China, khususnya di Provinsi Zhejiang, topan Fitow masih bercokol sampai sekarang, Kamis (10/10/2013). Penandanya, tulis Xinhua, hujan deras dan angin kencang berkepanjangan sejak Selasa.

Otoritas provinsi itu dalam data termutakhirnya mengatakan di Kota Yuyao sekitar 70 persen wilayah pusat kota terendam banjir. "Sekitar 800.000 orang di Yuyao terkena dampak banjir,"kata pernyataan tersebut.

Tak ada yang membayangkan kalau dampak Fitow begitu parah di Yuyao. Badai itu kali pertama menghampiri wilayah China di Provinsi Fujian. Di Yuyao sejak Sabtu (5/10/2013) sampai dengan Selasa, rerata curah hujan di kota itu mencapai 717 milimeter. Tinggi muka air di Sungai Yaojiang bahkan mencapai 5,3 meter. "Hujan dan tinggi muka air itu bahkan memecahkan rekor,"kata otoritas tersebut.

Andai topan itu terus-menerus menerjang Yuyao, banjir minimal setinggi 3 meter akan terjadi. Alhasil, lalu-lintas di situ bakal lumpuh.

Hingga berita ini diunggah, tim penolong sudah melakukan pengiriman bantuan logistik bagi para warga. Catatan otoritas  Provinsi Zhejiang menunjukkan sampai dengan kemarin, kerugian lantaran terjangan Fitow sudah mencapai angka 7 miliar yuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com