Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terinspirasi Film "101 Dalmatian", Pria Cile Buka Penampungan Anjing

Kompas.com - 09/10/2013, 22:51 WIB
Pieter P Gero

Penulis

SANTIAGO, KOMPAS.com — Di Cile, Nelson Vergara dikenal banyak orang sebagai "manusia Dalmatian". Julukan ini karena Vergara terinspirasi setelah menonton film produksi Disney tahun 1996, 101 Dalmatians.

Film itu kemudian membuatnya berfantasi untuk menolong dan merawat sebanyak mungkin anjing. Kini, Vergara baru memiliki 42 ekor anjing yang ditampung di halaman belakang rumahnya di pinggiran Santiago, ibu kota Cile.

Kantor berita Associated Press, Rabu (9/10/2013), melaporkan, Vergara (55) memulai usahanya menampung sebanyak mungkin anjing-anjing ini sejak menonton film 101 Dalmatians.

"Film itu memang sebuah rekayasa animasi komputer, tetapi saya menghendaki sesuatu yang nyata," ujarnya.

Aksinya menampung anjing ini tentu saja bukan tanpa tantangan. Pihak otoritas sering menegurnya. Tetangganya merasa keberatan menyangkut bau tak sedap yang muncul dari halaman rumahnya. Bahkan, pejabat kota mengancam akan mengusirnya pada akhir bulan ini.

Vergara menegaskan, aksinya ini hanya untuk memperlihatkan contoh dan menumbuhkan kesadaran dari warga Cile lainnya untuk membantu menampung dan merawat anjing-anjing tak bertuan di Santiago.

Jumlah anjing tak bertuan di Cile diperkirakan mencapai jutaan ekor. Situasi ini oleh lembaga komunitas manusia di Cile digambarkan sebagai sebuah peringatan.

Para pemilik anjing jarang menjaga ataupun mengikat anjing piaraan mereka dan lebih sering membiarkan anjing-anjing tu berkeliaran di jalan raya saat mereka bekerja.

Banyak anjing berkeliaran sepanjang hari di jalan-jalan di Santiago. Vergara menampung sejumlah anjing itu dan banyak dari mereka yang kelaparan. Sebagai penganggur, Vergara kemudian memberikan anjing-anjing itu makan, yang biayanya diperoleh dari donasi.

"Saya ingin membantu tidak hanya jenis Dalmatian, tetapi semua anjing. Cile perlu solusi terhadap problem gigitan anjing," ujar Vergara.

"Setiap hari Anda bisa melihat anjing berkeliaran, dan tidak seorang pun yang berbuat sesuatu mengatasinya. Seandainya ada tempat penampungan, maka tak perlu ada masalah seperti ini."

Vergara mencintai Dalmatian dan, karenanya, dia selalu bepergian dari rumahnya untuk mencari anjing itu. Bahkan dia mengendarai sebuah mobil dengan warna hitam putih seperti Dalmatian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com