Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Australia Buang Makanan Bernilai Rp 8 Triliun Tiap Tahun

Kompas.com - 09/10/2013, 19:43 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Sebuah LSM Australia, FoodWise, merilis data mencengangkan tentang kebiasaan membuang sisa makanan yang sebenarnya masih sangat layak dimakan.

Dalam rangkaian kampanye "DoSomething" yang dilakukan lembaga ini, disebutkan bahwa warga Australia membuang makanan senilai 8 miliar dollar AS atau setara Rp 8 triliun setiap tahun.

Nilai uang yang terbuang ini setara dua kali lipat komitmen bantuan luar negeri Pemerintah Australia untuk tahun 2013. Namun, menurut data FoodWise, nilai itu hanyalah dari pembuangan makanan rumah tangga.

FoodWise yakin, nilai keseluruhan makanan yang terbuang di Australia itu akan jauh lebih besar dari Rp 8 triliun.

FoodWise mengemukakan, angka itu didasarkan pada pengkajian pembuangan makanan yang dilakukan Pemerintah Negara Bagian New South Wales (NSW). Penelitian itu dilangsungkan pada 2009 secara online, yang diikuti 1.200 orang warga berusia 16 tahun ke atas.

Hasilnya menunjukkan, rata-rata rumah tangga di NSW membuang makanan yang masih bisa dimakan itu, setiap tahunnya bernilai 1.036 dollar AS.

Kategori makanan yang dibuang itu termasuk yang dijadikan kompos, untuk beternak cacing, atau diberikan kepada binatang peliharaan.

Rinciannya seperti berikut:

Makanan segar yang terbuang dalam seminggunya 343 dollar AS per tahun, sedang makanan sisa yang terbuang bernilai 280 dollar AS setahun.

Makanan kalengan 151 dollar AS setahun. Makanan beku dan makanan take away masing-masing 94 dollar AS per tahun. Untuk minuman yang terbuang dalam setahun adalah 73 dollar AS.

FoodWise menggunakan angka 1.036 dollar AS itu kemudian dikalikan sekitar 8 juta jumlah rumah tangga di seluruh Australia, sehingga diperoleh angka mencengangkan Rp 8 triliun per tahun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com