Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Putih Bantah Hentikan Bantuan Militer ke Mesir

Kompas.com - 09/10/2013, 15:23 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Gedung Putih, Rabu (9/10/2013), membantah sejumlah laporan media yang menyatakan Pemerintah AS akan memangkas bantuan militer untuk Mesir.

"Laporan yang menyatakan kami menghentikan semua bantuan militer untuk Mesir adalah salah," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional, Caitlin Hayden.

"Kami akan menyampaikan dalam waktu dekat, hubungan skema bantuan untuk Mesir, dan seperti sudah disampaikan presiden di Sidang Umum PBB, untuk saat ini tetap berlanjut," tambah Hayden.

Pernyataan Hayden itu muncul setelah seorang pejabat Pemerintah AS kepada kantor berita Reuters menyebut Pemerintah AS sedang mempertimbangkan untuk menghentikan sebagian besar bantuan militer untuk Mesir.

Namun, bantuan militer untuk program kontraterorisme, peningkatan keamanan di semenanjung Sinai yang berbatasan dengan Israel, dan beberapa hal prioritas lainnya tetap dikucurkan.

Selain Reuters, CNN yang mengutip seorang sumber yang tak disebutkan namanya, mengatakan, Washington berencana memangkas sebagian bantuan militer terkait keterlibatan militer Mesir dalam penggulingan Muhammad Mursi dan serangkaian kekerasan berdarah.

Sumber itu, kepada CNN, mengatakan, keputusan tersebut didorong sebuah akumulasi peristiwa yang melibatkan kekerasan terhadap para pengunjuk rasa, yang sebagian di antara mereka tewas dalam unjuk rasa akhir pekan lalu.

CNN bahkan sudah melaporkan bahwa penghentian bantuan militer itu akan diberlakukan dalam beberapa hari ke depan.

Sejak lama Pemerintah AS memberikan bantuan keuangan tahunan sebesar 1,55 miliar dollar AS, termasuk 1,3 miliar dollar AS, khusus untuk membantu militer negeri itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com