Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri Malaysia Terekam Mengancam Media

Kompas.com - 09/10/2013, 14:53 WIB
Menteri Dalam Negeri Malaysia Zahid Hamidi terekam mengancam akan menutup sebuah media lokal dan mencegah wartawan media tersebut melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat menyelidiki.

Portal berita online Malaysiakini merekam Mendagri Zahid Hamidi ditanyai oleh seorang jurnalis perihal hilangnya senjata dan peralatan kepolisian di tengah angka kejahatan nasional yang meningkat.

Menteri tersebut kemudian mengancam menutup media yang memuat laporan yang sumbernya berasal dari sumber yang off the record.

"Ini off the record, mohon jangan tulis apa-apa, jangan ambil foto saya dan kerumunan, saya tidak izinkan," ucapnya dalam video yang dapat dilihat di situs Malaysiakini dan Youtube.

Kemudian, Zahid berkata dalam bahasa Melayu bahwa ia akan menutup surat kabar bahasa Inggris, Melayu, China, atau Tamil, yang melaporkan kata-katanya.

Asisten Chief Editor Malaysiakini, RK Anand, kepada ABC, mengatakan, wartawan yang bersangkutan melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang sah, dan perilaku menteri tersebut tidak pantas sebagai seorang pejabat senior pemerintah.

"Ini menyangkut isu yang amat penting, hilangnya senjata, kendaraan polisi, borgol, dan kepala kepolisian dikritik berat saat ia berkata bahwa senjata-senjata itu kemungkinan jatuh ke laut," jelasnya.

"Kami tadinya berharap Menteri Dalam Negeri bisa memberikan penjelasan mengenai masalah ini. Namun, ia malah menyorot jurnalis kami, dan bahkan menjelek-jelekkan Malaysiakini, menuduh memutarbalikkan dan membelokkan pernyataan-pernyataannya."

Menurut Anand, respons semacam itu bukan pertama kali terjadi. "Terutama dari para menteri, maksud saya, para politisi dari koalisi yang berkuasa selalu menegur kami 'secara bercanda' atau bahkan mencegah kami menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang penting secara nasional. Saya rasa itu sangat tak pantas. Itu menghalangi kami melaporkan kebenaran dan memastikan masyarakat Malaysia mendapat informasi mengenai isu-isu penting," katanya.

Hari Senin (7/10/2013) lalu, Asosiasi Editor Surat Kabar Bahasa China mendesak Zahid menarik kembali ancamannya untuk menutup sejumlah surat kabar. ABC telah mencoba meminta respons Pemerintah Malaysia, tetapi belum mendapat tanggapan hingga sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com