Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Candi Siem Reap Kamboja Ikut Terlanda Banjir

Kompas.com - 07/10/2013, 17:57 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Banjir di Kamboja, seturut data termutakhir Palang Merah Kamboja pada Senin (7/10/2013), sudah menewaskan sedikitnya 83 orang. Penyebab banjir adalah hujan deras berkepanjangan sekitar tiga mingguan sehingga Sungai Mekong meluap.

Sementara, kawasan Candi Siem Reap yang menjadi salah satu andalan pariwisata Kamboja juga terlanda banjir. Bahkan, menurut penuturan Deputi Direktur Jenderal  Otoritas Apsara yang menangani kawasan candi itu, Sok Leakna, hujan deras dan angin kencang pada Jumat lalu membuat sebuah pohon besar tumbang. "Pohon itu menimpa bangunan candi Preah Kear yang dibangun pada abad 12,"kata Leakna sebagaimana warta
.

Menurut Leakna ada kerusakan di bagian candi lantaran menahan beban pohon setinggi 30 meter dan berdiameter 0,8 meter tersebut. "Kami masih meneliti kerusakan-kerusakan itu,"katanya.

Candi Preah Khan berlokasi di Kompleks Taman Arkeologi Angkor Watt di Siem Reap. Kompleks itu masuk dalam daftar Peninggalan Bersejarah Benda versi Unesco sejak 1992.

Banjir biasanya melanda Kamboja pada Agustus hingga Oktober. Banjir terparah terjadi pada 2011 silam. Bencana alam itu menewaskan 250 orang. Setahun silam, jumlah total korban banjir mencapai 14 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com