Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Banyak Pakar Senjata Kimia Datang ke Suriah

Kompas.com - 07/10/2013, 12:56 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pemusnahan senjata kimia Suriah makin cepat terwujud. Paling tidak, hal itu berangkat dari makin banyaknya pakar senjata kimia global yang datang bergabung dengan tim pakar PBB ke Suriah.

Catatan AP pada Senin (7/10/2013) menunjukkan, sudah ada tambahan 14 pakar yang datang. Pada minggu sebelumnya, sudah ada 33 pakar dari Rusia, AS, Inggris, Ceko, Uzbekistan, China, Kanada, Belanda, dan Tunisia. Rencananya, dalam tiga minggu ke depan, jumlah pakar mencapai 100 orang.

Kemarin, para pakar yang tergabung dalam Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) di bawah PBB mulai membongkar senjata-senjata kimia Suriah.

Pekan lalu, OPCW menyetujui rencana yang diprakarsai Amerika Serikat-Rusia untuk memusnahkan senjata kimia di Suriah. Sementara, Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat menyetujui satu resolusi yang mendukung rencana tersebut.

Pengamat senjata kimia mengatakan dalam satu pernyataan bahwa pihaknya telah sepakat mengenai akselerasi program untuk mencapai penghapusan lengkap senjata kimia Suriah pada pertengahan 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com