Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPR AS Tak Tahu Kapan Penutupan Operasi Pemerintah AS Berakhir

Kompas.com - 07/10/2013, 09:57 WIB
Ketua DPR Amerika John Boehner mengatakan, ia tidak tahu kapan penutupan kegiatan pemerintah federal akan berakhir. Katanya hal itu tergantung pada apakah Presiden Obama mau berunding dengan kelompok Partai Republik dalam DPR.

Kata Boehner dalam wawancara televisi hari Minggu (6/10), faksi partai Republik ingin mengadakan perundingan tentang bagaimana memulihkan kegiatan pemerintah federal dan bagaimana pemerintah bisa membayar utang-utang luar negerinya.

Namun, Boehner juga mengatakan ia tidak akan mengadakan pemungutan suara tentang menaikkan pagu utang Amerika sampai pemerintah mau berunding tentang bagaimana mengurangi pengeluaran pemerintah.

Hari ini adalah hari keenam penutupan sebagian kegiatan pemerintah federal, dan pemerintah akan kehabisan dana untuk membayar berbagai tagihan sebelum tenggat waktu tanggal 17 Oktober, termasuk pembayaran bunga utang kepada China, Jepang dan sejumlah investor asing lainnya.

Kelompok partai Republik menegaskan hanya akan menyetujui rancangan anggaran untuk memulai lagi kegiatan pemerintah kalau Presiden Obama dan partai Demeokrat sepakat mengadakan perundingan terpisah tentang UU Jaminan Kesehatan yang dikenal dengan nama Obamacare.

Presiden Obama kemarin menyatakan ia berharap Kongres akan menaikkan pagu utang dari 16,7 trilyun dollar supaya pemerintah kembali bisa meminjam uang untuk membiayai berbagai kegiatan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com