Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana Menteri Australia Kembalikan Biaya Perjalanan

Kompas.com - 07/10/2013, 08:54 WIB
Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengembalikan lebih dari 1.000 dollar Australia uang negara yang dia gunakan dalam biaya perjalanan saat menghadiri sebuah undangan pernikahan mantan koleganya pada 2006.

Juru bicara Tony Abbott mengatakan uang itu dikembalikan karena Departemen Keuangan tidak yakin perjalanan itu merupakan hak Abbott dan Abbott sekaligus ingin menghindari keraguan.

Menteri Komunikasi Malcolm Turnbull kepada ABC mengatakan kalau aturannya bisa jadi ambigu dan sangat tidak biasa untuk mengembalikan uang yang telah digunakan. Turbull juga membela koleganya di kubu Koalisi yang juga menghadapi pertanyaan dan keraguan serupa.

Pada 2011, miliarder pertambangan, Gina Rinehart, mengajak sejumlah pejabat politik seperti Julie Bishop , Barnaby Joyce dan Teresa Gambaro ke sebuah pesta pernikahan di India.

Ketiganya mengklaim hak studi banding untuk perjalanan pulang.

Bishop mengungkapkan tujuan utama dari kunjungannya itu adalah bertemu dengan pengusaha India, sementara Gamabari merinci kalau kunjungannya ke program pembangunan internasional. Sedangkan Joyce mengatakan setelah menghadiri pernikahan waktu itu, dia langsung menuju Malaysia untuk sebuah pertemuan resmi.

Menurut Malcolm Turnbull, register hak memang tidak selalu jelas. Turnbull juga menyampaikan biaya perjalanan yang diklaim Bishop “terdengar seperti tepat digunakan dalam perjalanannya karena keterkaitan bisnis yang dilakukannya.”

“Buat saya, kunjungan Julie Bishop ke India sangat pas dengan apa yang dia lakukan sebagai Menteri Luar Negeri bayangan,” ujarnya.

Bulan lalu, Joyce membantah melakukan kesalahan menyusul sebuah laporan yang mengungkapkan kalau dia menggunakan uang pembayar pajak untuk menghadiri pernikahan lainnya.

Media Fairfax melaporkan Joycer dan politisi dari kubu Koalisi lainnya, George Brandis, mengklaim biaya perjalanan untuk menghadiri upacara pernikahan presenter Radio Michael Smith pada 2011.

Senator Brandis membenarkan kalau dia mengklaim biaya penerbangan, akomodasi dan sewa mobil hampir 1.700 dollar, tapi dia menjelaskan kalau kehadirannya di pernikahan itu untuk tujuan pekerjaan.

Dia kemudian menulis surat kepada Departemen Keuangan dengan cek untuk biaya perjalanan itu, dan menyatakan dia akan membayarkan untuk "menyelesaikan setiap ketidakpastian" terkait masalah ini.

Joyce membantah laporan Fairfax dan menyebut dia mungkin menggunakan mobil Commonwealth pada hari itu, tetapi dia tidak mengklaim penerbangan atau akomodasi .

Kritik Partai Buruh

Pemimpin sementara Partai Buruh Chris Bowen menyatakan masih banyak kecurigaan yang perlu dijawab. “Ini tidak cukup baik. Masyarakat Australia berhak untuk transparansi dan diungkapkan di sini,” tegasnya.

“Saya menyerukan kepada Abbott dan Brandis, ketimbang mengatakan klaim ini sah dan mengembalikannya untuk menghapus keraguan, lebih baik mengakui kalau mereka salah,” tuding Bowen. “Kekeliruan terjadi, tapi saya pikir warga Australia mengharapkan politisnya bersikap juur tentang saat kekeliruan terjadi dan memberikan penjalasan jujur kepada mereka,” lanjutnya.

Menurut buku pedoman Departemen Keuangan untuk urusan resmi seperti pertemuan dengan lembaga-lembaga pemerintahan atau mewakili tugas menteri diperbolehkan untuk mengklaim biaya perjalanan dinas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com