Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Melamar ke Al Qaeda, Seorang Cewek Perancis Siapkan Kerusuhan di Indonesia

Kompas.com - 04/10/2013, 21:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Seorang cewek Perancis yang dicokok di Paris, Selasa (1/10/2013), pernah mengirim surat elektronik ke Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) menawarkan rencana serangan terorisme. Dia juga sempat menyiapkan kerusuhan di Indonesia, berkedok jihad.

Tetapi, sebagaimana catatan pemeriksaan Dinas Intelijen Perancis (DCRI), perempuan muda itu tak mendapat balasan jawaban dari AQAP. Warta Europe 1 pada Jumat (4/10/2013) menunjukkan perempuan itu berusia 21 tahun. DCRI menangkap perempuan tersebut di Distrik Belleville, utara Perancis.

Terungkap juga kalau rencana kerusuhan di Indonesia sejatinya bakal terwujud pada Februari 2013. Tetapi, perempuan itu sudah tertangkap DCRI terlebih dahulu. Usai melalui pemeriksaan, perempuan ini dibebaskan.

Penangkapan termutakhir pada Selasa itu adalah kali kedua buat perempuan tersebut.

AP Photo Museum Louvre Paris, Perancis.

Mali

Catatan DCRI juga menunjukkan kalau aparat keamanan Perancis menjadi incaran teroris. Pasalnya, Perancis pada Januari 2013 ikut ambil bagian memerangi Al Qaeda di Mali. Perancis pernah menjadi penjajah di negeri di Afrika tersebut.

DCRI mencatat, saat di Mali, ada tujuh warga negara Perancis yang masuk dalam jaringan Al Qaeda. Mereka berada di wilayah Sahel, Mali.

Pada 1995, serangan terorisme bom di kereta api bawah tanah Perancis menewaskan delapan orang. Insiden ini melukai 200 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com