Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Topan Karen Bergerak Menuju Pesisir AS

Kompas.com - 04/10/2013, 12:29 WIB
MIAMI, KOMPAS.com - Badai topan pertama yang mengancam pesisir Amerika Serkat tahun ini bergerak melintasi Teluk Meksiko, Kamis (3/10/2013).

Pusat Pemantauan Badai Nasional AS meramalkan topan Karen akan melewati instalasi minyal lepas pantai sebelum menghantam pesisir Lousiana dan Florida.

Mendengar ramalan ini, sejumlah perusahaan energi di sekitar Teluk Meksiko mulai menutup produksi dan mengevakuasi pekerja dari lokasi pengeboran minyak lepas pantai yang menghasilkan seperlima kebutuhan minyak AS dalam sehari.

Karen adalah topan Atlantik pertama yang mengancam daratan Amerika Serikat. Badai ini memiliki kecepatan hingga 105 kilometer per jam dan berpusat sekitar 545 kilometer sebelah selatan muara Sungai Mississippi.

Warga yang tinggal di pesisir sudah bisa merasakan tiupan Karen pada Jumat (4/10/2013) malam. Jika tetap pada jalurnya saat ini maka Karen kemungkinan akan melintasi pesisir pantai dekat perbatasan Mississippi-Alabama pada Sabtu (5/10/2013) malam.

Peringatan untuk menghadapi hantaman badai sudah dikeluarkan terutama untuk wilayah pesisir dari Grand Isle, Louisiana, New Orleans, hingga ke Destin, Florida. Dengan peringatan ini diharapkan warga bisa bersiap untuk mencari tempat aman paling lambat dalam 48 jam.

Penutupan operasional pemerintahan AS tidak mempengaruhi Pusat Pemantai Badai Nasional AS karena lembaga ini sangat penting untuk menjaga keselamatan warga dan properti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com