Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Masuk UE, Albania Tunjuk Mantan PM Inggris Jadi Pelobi

Kompas.com - 03/10/2013, 21:14 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Berkeinginan masuk Uni Eropa (UE), pemerintah Albania meneken kesepakatan dengan mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Tony Blair untuk menjadi penasihat dan pelobi. Menurut warta AP pada Kamis (3/10/2013), jumlah anggota UE kini ada 28 negara.

Ikhwal penunjukan Tony Blair itu memang mendapat sambutan baik dari Perdana Menteri Albania Edi Rama. "Blair punya kekuatan personal untuk melobi UE,"kata Rama di Tirana, ibu kota, Albania.

Albania kali pertama mendaftarkan diri masuk UE pada 2009. Waktu itu, Albania masih tergabung dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Tapi, organisasi yang bermarkas di Brussels, Belgia itu dua kali menolak. Soalnya, korupsi dan organisasi kriminal masih marak di Albania.

Saat ini, Rama menjanjikan Albania mampu menciptakan 300.000 lapangan kerja. Albania memang terbilang negara miskin di Eropa. Saat ini, rata-rata pendapatan bulanan seorang warga Albania ada di angka 36.482 leks atau setara dengan 361 dollar AS. Survei terbaru di Albania menunjukkan satu dari tujuh rakyat Albania hidup dengan duit sebanyak-banyaknya 2 dollar AS per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com