Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama Rusia: Penonton Konser Elton John Akan Dihukum Tuhan

Kompas.com - 03/10/2013, 16:03 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Seorang ulama ternama Rusia, Seidzghagfar Lutfullin, Kamis (3/10/2013), memperingatkan bahwa siapa pun yang menghadiri konser penyanyi Elton John, yang secara terbuka mengakui dirinya adalah seorang gay, akan menerima hukuman Tuhan.

Peringatan Seidzghagfar Lutfullin ini dikeluarkan setelah Elton John menyatakan dukungannya terhadap kaum gay Rusia.

"Satu-satunya yang bisa kita lakukan sebagai orang beragama adalah menyadarkan manusia agar tak jatuh dalam bujukan setan dan tidak menghadiri konser Elton John di Rusia," kata imam besar sebuah masjid di kota Kazan itu kepada harian Nezavisimaya Gazeta.

"Hukuman Tuhan untuk mereka yang melakukan sodomi akan jatuh, baik untuk mereka yang menonton maupun yang tampil dalam konser itu," sambung Lutfullin.

Lutfullin adalah imam Masjid Zakaban di Kazan, kota dengan populasi etnis Tatar Muslim yang cukup besar. Lutfullin, yang dikenal karena selalu bicara terbuka, juga menyebut penyanyi Inggris tersebut sebagai "hasil karya iblis" lewat situs resmi Masjid Zakaban.

Elton John dan beberapa musisi Barat, termasuk Madonna dan Lady Gaga, mengkritik diskriminasi terhadap kelompok gay di Rusia setelah Presiden Vladimir Putin menyetujui larangan promosi homoseksualitas terhadap anak-anak.

Para aktivis hak kaum gay menilai undang-undang yang disahkan Putin itu multitafsir dan bisa digunakan untuk melarang berbagai kegiatan publik yang melibatkan kelompok gay.

Elton John menurut rencana akan menggelar konser di Moskwa dan Kazan pada Desember mendatang. Kepada harian Guardian, bulan lalu, Elton John mengatakan, sebagai seorang gay, dia harus pergi dan mendukung kaum gay Rusia meski dia sendiri tak yakin dengan penerimaan bangsa Rusia kepada dirinya.

Rencana konser Elton John ini sudah memicu protes para orangtua konservatif di kawasan pegunungan Ural. Komite orangtua Ural telah menulis surat kepada Presiden Putin yang isinya adalah peringatan bahwa Elton John akan berbicara soal undang-undang anti-gay secara terbuka di atas panggung.

Para orangtua itu kemudian meminta Putin untuk turun tangan dan menyelesaikan masalah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com