Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelayanan Umum di AS Ikut "Libur"

Kompas.com - 01/10/2013, 20:02 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Patung Liberty di New York, selain menjadi simbol AS, juga menjadi salah satu pelayanan umum bagi pariwisata AS. Hal sama adalah Monumen Rushmore di Dakota Selatan.

Nah, lantaran pemerintah dan Senat AS belum seia sekata soal anggaran, para karyawan pada kedua pelayanan itu ikut "libur" alias tak bekerja. Tercatat, sudah 800.000 karyawan pemerintahan di seluruh AS juga tak bekerja sementara.

Tak hanya itu, menurut warta AP pada Selasa (1/10/2013), pelayanan umum untuk makanan bagi kelompok warga miskin sementara waktu tidak berfungsi.
 
Penutupan sementara bekerja kali ini bukanlah yang pertama. Soalnya, pada 1995, AS mengalami hal serupa. Keadaan "libur" itu berlangsung beberapa minggu. Sesudah itu, perekonomian AS melesat tumbuh.

Kendati begitu, kali ini ada hal berbeda. Soalnya, banyak keluarga karyawan pemerintah mulai cemas soal pembayaran gaji andai pembekuan berlangsung berlarut-larut.

Sementara kalangan menilai kondisi kali ini bakal berefek meluas. Paling tidak, dampaknya akan terasa di dunia finansial.

Batas utang

Ke depan, pemerintah dan para wakil rakyat AS juga akan berjumpa untuk penentuan batas utang negara pada 17 Oktober mendatang. Tantangannya, andai Kongres AS tak meningkatkan batas utang AS sementara Pemerintah AS juga mentok alias gagal membayar surat utang negara, posisi peringkat kredit AS akan turun dua kali selama dua tahun hingga kini.

Ikhwal penutupan sementara kinerja anggaran AS memang berpusat pada implementasi program pemeliharaan kesehatan Presiden Obama. Kelompok penentang Obama meminta agar program itu ditunda. Persoalannya, penundaan itu bakal berdampak pada pelayanan kesehatan seluruh AS dalam beberapa minggu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com