Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Janjikan ke Netanyahu, Pembicaraan dengan Iran Pakai Pandangan Jernih

Kompas.com - 01/10/2013, 02:30 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Senin (30/9/2013), menjanjikan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa ia akan mengadakan pembicaraan dengan Iran memakai pandangan jernih dan menuntut tindakan yang dapat diverifikasi atas nuklir Iran. Janji Obama ini disampaikan terkait komentar Netanyahu tentang pernyataan Teheran yang disebut "manis bicara".

Netanyahu dan Obama mengadakan pembicaraan di Gedung Putih, sehari setelah Obama melakukan pembicaraan telepon bersejarah dengan Presiden Iran Hassan Rohani, Minggu (29/9/2013). Pembicaraan tersebut adalah yang pertama kali terjadi sejak revolusi Iran pada 1979, yang diharapkan menjadi terobosan hubungan diplomatik kedua negara.

Namun, Netanyahu memperingatkan bahwa sanksi terhadap Teheran tetap harus dipertahankan, bahkan diperkuat bila perlu. Ia pun mengatakan bahwa satu-satunya diplomasi dengan Iran yang akan diterima Israel adalah pembongkaran fasilitas nuklir Iran.

Obama mengatakan kepada Netanyahu bahwa dia tak punya pilihan selain menguji kesediaan Iran dirangkul lewat jalur diplomasi. Sebagai tanggapannya, Netanyahu mengatakan Iran sudah punya komitmen menghancurkan Israel, yang karenanya kata-kata dan tindakan Iran harus diuji dengan mengingat komitmen itu.

"Intinya adalah bahwa Iran (harus) sepenuhnya membongkar program nuklir militer," tegas Netanyahu setelah lebih dari satu jam berbicara dengan Obama di Oval Office. Perdana Menteri Israel berpendapat bahwa sanksi ekonomi harus tetap dipertahankan sepanjang diplomasi dengan Iran berjalan.

Pembicaraan lanjutan soal nuklir Iran dijadwalkan berlangsung di Geneva, Swiss, pada Oktober 2013. "Bahkan, jika Iran terus untuk memajukan program nuklirnya selama negosiasi, sanksi harus diperkuat," tegas Netanyahu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com