Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan Korsel Bahas Penyerahan Kendali Militer

Kompas.com - 30/09/2013, 13:24 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Senin (30/9/2013), berada di Korea Selatan untuk membicarakan penyerahan kendali militer kepada Seoul.

Dalam perjanjian kerja sama militer kedua negara, Amerika Serikat mengendalikan operasional pasukan Korea Selatan di masa perang.

Secara teknis, kedua Korea masih berada dalam situasi perang. Sebab perang Korea diakhiri pada 1953 dengan sebuah perjanjian gencatan senjata, bukan perdamaian.

Namun, menurut Hagel, militer Korea Selatan semakin hari sudah semakin maju dan semakin mampu untuk mengendalikan operasi tempur.

"Kami secara berkala melakukan evaluasi peran kami masing-masing," kata Hagel kepada wartawan dalam penerbangan menuju Seoul.

Meski demikian, lanjut Hagel, kini belum saatnya kedua pihak mencapai keputusan final untuk menentukan jadwal penyerahan kontrol pasukan kepada Seoul.

Sebenarnya, Seoul sudah menerima penyerahan kendali militer tahun lalu kemudian diubah menjadi 2015.

Namun, pemerintah Korea Selatan meminta perpanjangan karena ketegangan yang terus terjadi dengan Korea Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com