Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kenya Abaikan Peringatan soal Serangan

Kompas.com - 29/09/2013, 09:34 WIB
NAIROBI, KOMPAS.com - Sejumlah sumber di kalangan keamanan Kenya, Sabtu (28/9/2013), mengatakan sejumlah pihak, termasuk Israel, sudah memperingatkan Kenya terkait kemungkinan serangan di Nairobi. Namun peringatan itu diabaikan.

Para menteri kabinet dan panglima angkatan darat Kenya sebenarnya sudah mendapat informasi soal kemungkinan serangan itu.

"Israel sudah memperingatkan adanya ancaman serangan terhadap kepentingan bisnisnya di Kenya. Tapi tidak ada tindakan apapun untuk menangani informasi itu," kata sumber itu.

Harian terbitan Kenya The Nation menulis, Israel yang memiliki kerja sama keamanan dengan Kenya, telah memperingatkan rencana penyerangan properti milik Israel.

Pusat perbelanjaan Westgate, yang menjadi langganan para orang kaya Kenya dan warga asing, sebagian sahamnya dimiliki Israel ini, sudah dianggap menjadi target potensial.

"Kedubes Israel di Nairobi sudah menyampaikan kekhawarirannya Iran dan Hezbollah sudah melakukan operasi intelijen terkait kepentingan Israel di seluruh dunia termasuk Kenya," demikian The Nation.

Soal kabar ini, salah seorang pejabat keamanan mengatakan semua laporan yang diterima pemerintah Kenya tidak ditanggapi serius saat itu.

"Ketika laporan seperti ini masuk, maka laporan ini akan dibagikan ke semua aparat yang berwenang. Namun laporan itu tidak ditanggapi serius," kata pejabat itu.

"Kami harus mengambil pelajaran dari tragedi ini dan mulai menganggap serius semua laporan," ujar pejabat yang tak ingin disebutkan namanya itu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com