Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Putih Tawarkan Duit Bebaskan Detroit dari Kebangkrutan

Kompas.com - 28/09/2013, 13:26 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Detroit memang menyatakan diri bangkrut dua bulan silam. Tapi, justru Gedung Putih di Washington melihat celah baru untuk membebaskan kota tersebut dari kebangkrutan.

Warta AP pada Sabtu (28/9/2013) menyebutkan pejabat senior Gedung Putih Gene Sperling bertandang ke Detroit. Ia tak sendirian.

Bersama dengannya ikut pula Jaksa Agung AS Eric Holder, Menteri Pembangunan Kawasan Urban dan Perumahan Shaun Donovan, dan Menteri Transportasi Anthony Foxx. Rupanya, para pembantu Presiden Barack Obama itu mengusung tawaran bantuan duit 300 juta dollar AS.

Pihak Gedung Putih mengatakan paket bantuan itu datang dari anggaran negara AS. Ikut ambil bagian dalam bantuan itu adalah lembaga pendanaan swasta dan para pebisnis.

Soal dana itu, Deputi Asisten Sekrataris Departemen Keuangan AS Don Graves mengatakan penggunaannya akan difokuskan pada ongkos penambahan jumlah petugas polisi dan pemadam kebakaran, pembenahan transportasi, sektor properti, dan pelayanan publik lainnya.

Sedikit

Kendati begitu, tawaran fulus tersebut belum-belum sudah berhadapan dengan kritik. "Sedikit banget!"begitu kata mereka.

Menurut para pengkritik, kebanyakan dari Partai Republik, Detroit butuh bantuan lebih banyak. "Angkanya mencapai lebih dari 18 miliar dollar AS,"kata mereka merujuk pada nominal utang Detroit hingga ini.

Di Kongres AS, Republiken dan pemerintahan Obama memang belum bersepakat soal penutupan pemerintahan minggu depan. Kedua pihak juga belum seiya sekata soal batas utang AS bulan depan. Padahal, batas itu menjadi acuan pula untuk pemberian dana talangan bagi Detroit.

Oh iya, ikhwal kebangkrutan Detroit adalah torehan sejarah tersendiri sejak Negeri Uwak Sam (US)

BBC Detroit pernah dikenal sebagai kota industri, namun keberuntungannya selama beberapa dekade terakhir telah berkurang.

berdiri. Soalnya, Detroit adalah ibu kandung industri otomotif AS. Juli silam pemerintah Detroit menyatakan kota itu berstatus bangkrut lantaran perlambatan ekonomi AS.  


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com