Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok Israel-Palestina Pecah di Kota Tua Jerusalem

Kompas.com - 27/09/2013, 22:22 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Polisi Israel, Jumat (27/9/2013), terlibat bentrok dengan pengunjuk rasa Palestina di Kota Tua Jerusalem, Jalur Gaza, dan Tepi Barat.

Bentrokan ini menunjukkan meningkatnya ketegangan terkait terus meningkatnya kunjungan umat Yahudi ke Masjid Al-Aqsa.

Kelompok militan dan kelompok pemuda Palestina menyerukan perlawanan sebagai respons terhadap perlindungan polisi terhadap warga Yahudi yang memasuki tempat-tempat suci Jerusalem, yang diklaim oleh umat Muslim dan Yahudi.

Palestina memprotes umat Yahudi beribadah di plaza Masjid Al-Aqsa yang berada di atas Tembok Barat Jerusalem, tempat umat Yahudi biasa beribadah.

Palestina menilai masuknya umat Yahudi ke wilayah masjid Al-Aqsa adalah upaya Israel untuk semakin membatasi kawasan Muslim sekaligus semakin memperkuat kontrol Israel di Kota Tua Jerusalem.

Polisi melemparkan granat kejut untuk membubarkan sekelompok kecil pemuda Palestina yang berkumpul di luar tembok abad pertengahan Jerusalem.

Sementara itu, puluhan pengunjuk rasa berbaris di pintu perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza sebelum dipukul mundur dengan tembakan gas air mata.

Aksi protes juga berkembang di kawasan pendudukan Tepi Barat, tepatnya di pos pemeriksaan Israel di luar kota Nablus dan di kota Hebron, seorang sniper Palestina menembak mati seorang prajurit Israel pada hari Minggu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com