Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Argentina Ugal-ugalan, Hercules Nyaris Sambar Kepala Penonton

Kompas.com - 26/09/2013, 20:57 WIB
BUENOS AIRES, KOMPAS.com — Aksi ugal-ugalan dipertontonkan seorang pilot Argentina saat menerbangkan sebuah pesawat angkut Hercules C-130 di pangkalan AU Argentina, Marambio, di Antartika.

Dalam sebuah unjuk aksi terbang, pilot itu menerbangkan pesawat bertubuh besar tersebut dengan sangat rendah. Hercules terbang begitu rendahnya hingga hampir menjatuhkan para penonton dengan daya dorongnya saat pesawat itu mengudara.

Dalam video yang diunggah ke situs YouTube itu terlihat, badan pesawat terbang tersebut hanya berada beberapa meter di atas kepala para penonton yang ada di dekat landasan pacu.

Beruntung pilot yang terlalu percaya diri itu tak kehilangan kendali dan membuat penonton berdecak kagum. Tak terbayang jika yang terjadi adalah sebaliknya.

Kemampuan terbang rendah ini biasa digunakan dalam masa perang, khususnya jika pesawat itu harus mendekati sebuah target yang mengapung di laut, misalnya sebuah kapal.

Namun, di masa damai, kemampuan seperti ini digunakan untuk atraksi di pameran kedirgantaraan. Para pengamat masalah udara sudah lama mengkritik praktik "terbang lintas" seperti ini yang hanya dilakukan untuk tujuan hiburan, meski sangat berbahaya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com