Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pink Star, Berlian Termahal di Dunia

Kompas.com - 26/09/2013, 08:23 WIB
Berlian 59,6 karat berwarna merah muda akan dijual di Jenewa, Swiss, dengan harga penawaran awal 60 juta dollar AS atau sekitar Rp 673 miliar.

Rumah lelang Sotheby's, yang menjual berlian tersebut, mengatakan ini adalah harga penawaran termahal untuk penjualan berlian dalam sejarah. Rekor harga berlian termahal sebelumnya dipegang oleh berlian 24,78 karat yang terjual 46,2 juta dollar AS.

Berlian merah muda yang diberi nama Pink Star ini ditemukan di Afrika pada 1999 oleh perusahaan perhiasan De Beers.

Menurut Gemological Institute of America, organisasi nirlaba yang mengkhususkan diri di bidang batu permata, berlian tersebut memiliki warna dan kecemerlangan paling tinggi di dunia.

Sebelum dibentuk dan dijadikan perhiasan oleh perusahaan New York Steinmentz Diamonds, berlian ini memiliki kadar 132,5 karat.

Dua berlian lain

"Kami merasa beruntung dan mendapatkan kehormatan untuk menjual salah satu batu permata paling indah dalam 35 tahun terakhir. Berlian merah muda ini jelas sangat penting," kata David Bennet dari rumah lelang Sotheby's.

Ia menjelaskan, berlian dengan warna merah muda dengan berat di atas lima karat sangat jarang ditemukan. "Apalagi yang satu ini berukuran 59,6 karat," kata Bennet.

Sebelum diberi nama Pink Star, berlian ini dikenal dengan sebuat "Steinmetz Pink".

Tak diketahui siapa pemilik dan nilai jual Pink Star sebelum berpindah tangan pada 2007.

Menurut rencana, lelang Pink Star akan digelar pada 13 November, setelah lelang dua berlian berwarna putih dan biru, yang masing-masing ditaksir bernilai 28 juta dan 19 juta dollar di Hongkong bulan Oktober.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com