Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Kenya Tangkap Seorang Warga Inggris

Kompas.com - 25/09/2013, 18:54 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

NAIROBI, KOMPAS.com - Seorang warga Inggris ditangkap di Nairobi, Kenya, menyusul sebuah serangan berdarah di mal Westgate. Demikian pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Kenya, Rabu (25/9/2013).

"Kami bisa memastikan kami telah menangkap seorang warga Inggris di Nairobi dan kamu tengah menghubungi kedubes Inggris untuk meminta layanan hukum standar," kata polisi itu.

Namun, sang juru bicara itu menolak menjelaskan apakah penangkapan itu terkait langsung dengan serangan ke pusat perbelanjaan Westgate yang menewaskan 67 orang.

Kementerian Luar Negeri Kenya juga menolak menjelaskan apakah warga Inggris yang ditangkap itu pria atau wanita.

Sebelumnya, Menlu Kenya Amina Mohamed mengatakan, seorang perempuan Inggris ada di antara para penyerang, meski pernyataan Amina ini berbeda dengan pernyataan pejabat Kenya lainnya.

Sejumlah media Inggris berspekulasi bahwa Samantha Lewthwaite (29), seorang mualaf perempuan yang dikenal sebagai "Janda Putih" terlibat dalam serangan di Westgate itu.

Suami Samantha adalah salah seorang pelaku bom bunuh diri yang menyerang jaringan transportasi London pada 2005.

Samantha sendiri merupakan buronan kepolisian Kenya karena keterlibatannya dengan kelompok militan Al-Shabab yang mengklaim mendalangi serangan Westgate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com