Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenya: Warga AS dan Inggris Terlibat Penyerangan Mal

Kompas.com - 24/09/2013, 15:32 WIB
NAIROBI, KOMPAS.com - Setelah sebelumnya dibantah, keberadaan warga asing khususnya AS dan Inggris di antara para penyerang mal di Nairobi, kembali muncul.

Menteri Luar Negeri Kenya Amina Mohamed, saat diwawancarai stasiun televisi publik AS, PBS, membenarkan keberadaan warga asing di antara kelompok penyerang.

"Dari informasi yang kami peroleh, dua atau tiga orang warga Amerika dan seorang Inggris ada di dalam kelompok itu," kata Mohamed sambil menambahkan warga Inggris itu adalah seorang perempuan.

Mohamed menambahkan, menurut informasi yang diperoleh pemerintah perempuan warga Inggris itu sudah banyak terlibat dalam aksi terorisme.

"Sedangkan warga Amerika, dari informasi yang kami miliki, adalah para pemuda berusia antara 18 atau 19 tahun. Mereka adalah keturunan Somalia," tambah Mohamed.

Sementara itu, kementerian dalam negeri Kenya menyatakan bahwa pasukan khusus negeri itu sudah "mengendalikan" mal Westgate, Nairobi dan sudah berhasil membebaskan semua sandera.

Kelompok militan Somalia Al-Shabab mengklaim berada di belakang serangan maut di Kenya yang menewaskan 62 orang dan melukai hampir 200 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com