Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militan Shebab Ancam Bunuh Tawanan di Mal Nairobi

Kompas.com - 23/09/2013, 13:59 WIB
MOGADISHU, KOMPAS.COM - Kaum militan Shebab dari Somalia, Senin (23/9), mengancam akan membunuh para sandera yang mereka tawan di sebuah pusat perbelanjaan Nairobi saat pasukan Kenya bergerak untuk mengakhiri pengepungan mereka.

"Kami memberi kuasa kepada para mujahidin di dalam gedung itu untuk mengambil tindakan terhadap para tawanan begitu mereka ditekan," kata Ali Mohamud Rage  dalam pernyataan yang dimuat di sebuah situs web Islam. "Kami memberitahu kepada kaum Kristen untuk meminta kepada para mujahidin belas kasihan bagi tawanan mereka yang akan menanggung risiko setiap ada pasukan yang diarahkan terhadap para mujahidin itu," tambah Rage.

Kelompok militan Shebab yang punya kaitan dengan Al Qaeda itu mengaku berkontak dengan kaum militan yang ada di dalam mal. Pernyataan itu juga mengatakan bahwa orang-orang bersenjata tersebut sedang memerangi pasukan Kenya dan Israel.

Saat kebuntuan memasuki hari ketiga, letusan tembakan terjadi saat fajar dan berlangsung 15 menit. Para tentara yang dikerahkan di sekitar kompleks pun merunduk untuk berlindung. Hal itu diikuti tiga ledakan besar, kata koresponden kantor berita AFP di tempat kejadian.

Pihak Shebab tidak mengungkapkan berapa banyak orang yang ditahan oleh sekitar puluhan penyerang itu. Sejauh ini sedikitnya 68 orang orang tewas setelah kaum militan tersebut menyerbu kompleks luas berlantai empat itu pada Sabtu siang. Mereka menembaki pengunjung dengan senapan mesin dan  melemparkan granat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com