Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tuduh AS Berupaya Memeras dalam Isu Suriah

Kompas.com - 23/09/2013, 07:59 WIB
Rusia menuduh Amerika berusaha mem-blackmail atau memerasnya supaya Dewan Keamanan PBB bisa mengancam Suriah dengan tindakan kekerasan kalau negara itu tidak menyerahkan seluruh senjata kimianya.

Amerika dan sekutu-sekutunya telah menekan Dewan Keamanan supaya menerima rancangan resolusi tentang Suriah sesuai Pasal 7 Piagam PBB, yang memungkinkan tindakan militer untuk melaksanakan resolusi itu.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, Minggu (22/9), mengungkapkan para pejabat Amerika telah mengatakan bahwa kalau Rusia menolak rancangan resolusi berdasarkan pasal 7 itu, Amerika akan menghalangi usaha untuk memusnahkan simpanan senjata kimia Suriah.

Kata Lavrov kepada stasiun televisi Rusia, Amerika sedang berusaha mem-blackmail Rusia dan menunjukkan siapa yang lebih kuat, dan bukannya berusaha mengenyahkan senjata kimia Suriah.

Departemen LN Amerika mengatakan, Amerika sedang menyusun rancangan resolusi DK yang memuat mekanisme pemaksaan dalam arti yang keras-kerasnya. Kata pejabat itu lagi, pemerintah Amerika tidak akan berdebat tentang rincian hal ini dalam forum terbuka. Juga tidak ada tanggapan Amerika atas tuduhan Lavrov bahwa Amerika berusaha untuk mem-blackmail pemerintah Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com