Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot "Kontroversial" AS Tewas di China

Kompas.com - 21/09/2013, 09:39 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
BEIJING, KOMPAS.com — Penyelam telah menemukan mayat pilot akrobatik asal Amerika Serikat yang hilang setelah pesawatnya menghunjam danau di timur laut China, Jumat (20/9/2013). David Riggs, pilot ini, tengah melakukan manuver akrobatik yang rumit di tengah hujan, ketika pesawatnya jatuh, Selasa (17/9/2013).

Riggs adalah pilot asal Amerika yang lisensinya telah ditangguhkan sejak beberapa waktu lalu. Di China, Riggs ambil bagian dalam pertunjukan udara, dan kecelakaan terjadi saat dia tengah berlatih.

Zhang Fang, dari otoritas China, mengatakan mayat Riggs ditemukan di dasar Danau Caihu oleh para penyelam dalam, dari cabang Dalian Rescue Biro Beihai. "Terlihat dia tewas seketika, tapi kami belum dapat pastikan," ujar dia dari lokasi penemuan, saat dihubungi melalui telepon.

Pesawat bermesin tunggal Lancair 320 milik Riggs hancur berkeping-keping setelah menghantam permukaan danau. Serpihan pesawat sudah ditemukan, termasuk satu dari dua kursi pesawat. Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan. Pesawat ini tak dilengkapi dengan kotak hitam. 

Zhang mengatakan Riggs jatuh saat mencoba aksi berupa manuver roda pesawat menyentuh permukaan danau dalam kecepatan tinggi. Sejauh ini tak ada pelanggaran peraturan penerbangan, meski Riggs menerbangkan pesawat dalam cuaca hujan.

Informasi lain menyebutkan otoritas penerbangan China sudah melarang Riggs mengangkasa, tetapi sejauh ini Zhang mengaku tidak memiliki informasi soal itu.

Riggs adalah pilot akrobatik terkenal dari Hollywood, Amerika. Dia memicu kontroversi atas serangkaian masalah hukum dan kecenderungannya untuk pamer.

Situs Riggs memuat klaim bahwa dia adalah pemegang beberapa rekor dunia untuk penerbangan berkecepatan tinggi. Namun, situs itu tak menyebutkan fakta bahwa lisensi pilotnya sudah ditangguhkan dua kali oleh otoritas penerbangan Amerika.

Lisensi Riggs pertama kali dicabut setelah dia terbang di atas dermaga Santa Monica, Los Angeles, menggunakan pesawat jet latih Vocochody L-39 Albatros. Selain ditangguhkan lisensi pilotnya, dia dijatuhi sanksi 60 hari pelayanan masyarakat dan kurungan 60 hari atas atraksinya itu.

Riggs kembali kehilangan lisensi pilot, ketika pada November 2012 dia "menjual" kursi pilotnya tanpa izin. Tuntutan muncul setelah pesawat yang dikemudikan mitra bisnisnya itu jatuh, menewaskan dua penumpang pesawat.

Setumpuk masalah hukum lain juga dihadapi Riggs, termasuk masalah dengan bank, listrik, dan penyelewengan paspor. Dia mengundang beberapa pilot membuat situs khusus untuk meledeknya, aviationcriminal.com, yang memuat beragam persoalan hukum terhadap Riggs.

Dari situs Riggs, digambarkan dia adalah CEO Mach One Aviation Inc yang berbasis di California. Disebutkan pula dia adalah pilot pemeran pengganti Hollywood, produser film, dan pemegang rekor kecepatan terbang. Situs itu pun memuat deretan film yang sudah melibatkannya sebagai pilot adegan berbahaya, seperti Iron Man, Jarhead, dan film James Bond Casino Royale.

            
Dikutip dari kantor berita China, Xinhua, para pilot lain asal Amerika menyatakan mengundurkan diri dari pembukaan pertunjukan udara yang dibuka Jumat, menyusul insiden Riggs. Sementara pilot dari Swedia, Perancis, dan Lithuania, tetap mengikuti kegiatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com