Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Topan, Buaya Hanyut hingga Pusat Kota Acapulco

Kompas.com - 19/09/2013, 15:50 WIB
ACAPULCO, KOMPAS.com — Terjangan topan Ingrid dan Manuel di Meksiko tak hanya mengakibatkan 80 jiwa melayang dan mulai berjangkitnya penjarahan.

Warga kota wisata Acapulco menghadapi masalah lain pasca-bencana ini yaitu masuknya buaya ke tengah kota akibat dihanyutkan banjir.

Ribuan warga Acapulco yang mulai kembali ke rumah tak hanya berjuang melawan genangan air setinggi pinggang orang dewasa, tetapi juga tak jarang bertemu buaya.

Sementara itu, kota Acapulco masih terputus dari daerah lain di Meksiko. Sebab, kementerian perhubungan Meksiko memperkirakan, dibutuhkan waktu dua hari untuk membuka kembali dua jalan tol yang tertutup longsor.

Kota wisata Acapulco sangat menderita akibat terjangan badai tropis Manuel sepanjang akhir pekan lalu.

Belum berakhir derita akibat terjangan Manuel, topan Ingrid datang menghantam pada Senin (16/9/2013).

Pusat Pemantauan Badai AS (NHC) memperingatkan, hujan deras akibat topan Manuel masih akan memicu banjir bandang dan longsor di negara bagian Sinaloa, Nayarit, dan wilayah selatan Baja di California.

Koordinator Dinas Perlindungan Sipil Meksiko Luis Felipe Puente mengatakan, akibat terjangan kedua topan itu sedikitnya 35.000 rumah rusak dan hancur.

Di Acapulco lebih dari 50.000 turis masih terjebak dan sekitar 5.300 orang sudah berhasil meninggalkan kota wisata tersebut menggunakan 49 penerbangan sepanjang Rabu (18/9/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com