Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Banyak Pasangan Sesama Jenis Menikah di Selandia Baru

Kompas.com - 19/09/2013, 14:35 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Sejak sebulan silam merilis legalisasi pernikahan sesama jenis, Selandia Baru kebanjiran pasangan sesama jenis yang kepincut meresmikan hubungan mereka. Catatan AP pada Kamis (19/9/2013) menunjukkan sekitar seperempat dari total jumlah pasangan itu adalah warga negara asing.

Biro Pendataan Umum Pasangan, Kelahiran, dan Kematian Selandia Baru menyebutkan dalam rilisnya kalau warga asing itu berasal dari AS, Inggris, dan China. "Memang makin banyak," kata pimpinan biro itu, Jeff Montgomery.

Montgomery membuka data pada akhir Agustus 2013. Di situ termaktub 24 dari 82 pasangan berasal dari enam wilayah di luar Selandia Baru. "Sisanya, 52 pasangan berasal dari Selandia Baru," imbuhnya.

Sementara, 42 pasangan asing yang sudah menikah itu antara lain adalah 7 dari Australia, 2 dari China Daratan, 1 dari Hongkong, dan 1 dari Inggris.

Montgomery berharap kalau jumlah pasangan asal mancanegara bisa bertambah banyak. "Kami akan mempromosikan agar mereka datang pada musim semi," katanya.

Selandia Baru menjadi negara pertama di Asia Pasifik yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Negeri Kiwi adalah negeri ke-13 di seluruh dunia yang memiliki undang-undang pernikahan sesama jenis.

BBC WORLD Pernikahan Tash Vitali dan Melissa Ray


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com