Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Berangkat Kerja, Anggota KPU Afganistan Tewas Ditembak

Kompas.com - 18/09/2013, 17:38 WIB
KABUL, KOMPAS.com — Anggota komisi pemilihan umum Afganistan, Amanullah Arman, tewas ditembak dua orang bersenjata di kota Kunduz. Demikian penjelasan polisi, Rabu (18/9/2013).

"Dua orang bersenjata yang mengendarai sepeda motor menembaki Amanullah Aman pagi ini. Aman tengah dalam perjalanan ke tempat kerja saat diserang di kota Kunduz," kata juru bicara kepolisian Kunduz, Sayed Sarwar Hussaini.

Sehari sebelum Amanullah tewas dibunuh, ketua komisi pemilihan umum mengatakan, pemilihan umum Afganistan terancam bahaya kecurangan, yang merupakan ancaman serius dalam proses demokrasi ini.

Kelompok Taliban menyatakan bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan Amanullah Aman itu.

Proses pemilihan umum Afganistan dimulai dengan pendaftaran kandidat selama tiga pekan sejak Senin lalu. Namun, sejauh ini belum ada seorang pun yang mendaftarkan diri.

Pemilihan umum yang menurut rencana digelar pada April 2014 merupakan salah satu penentu bagi Afganistan yang tengah bersiap ditinggal pasukan koalisi Barat di tengah meningkatnya pemberontakan Taliban.

Kekhawatiran akan diserang bisa jadi membuat warga yang sudah memiliki hak memilih enggan berangkat ke TPS.

Sementara itu, daerah-daerah terpencil di wilayah kekuasaan pemberontak dipastikan tidak mungkin bisa dicapai panitia pemilihan umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com