Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersua China, AS Bergeming Tetap di Belakang Jepang

Kompas.com - 18/09/2013, 13:03 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - AS bergeming soal sengketa di Kepulauan Senkaku di Laut China Timur. Menurut Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Jen Psaki, negaranya berada di belakang Jepang untuk persoalan tersebut.

Menurut warta AP pada Rabu (18/9/2013), Psaki di Washington menjawab pertanyaan terkait laporan Kyodo termutakhir. "Posisi AS tidak berubah,"katanya.

Kyodo mewartakan, pekan lalu, ada pertemuan di Washington antara Ketua Baru Partai Komeito Jepang Natsuo Yamaguchi dengan Deputi Menteri Luar Negeri AS William Burns. Yamaguchi menanyakan kembali soal dukungan AS terkait sengkata dengan China tersebut. Jawaban Burns adalah AS berada di belakang Jepang.

China menyebut kepulauan itu sebagai Diayou. Sejatinya, kepulauan yang letaknya 120 mil laut dengan Taiwan, 200 mil laut dengan bagian timur China Daratan, dan 200 mil laut dengan bagian barat daya Jepang di Okinawa itu memunyai potensi energi yang besar. Khususnya, minyak bumi. Lantaran itulah, kedua negara sampai kini sejak 1968, kepulauan yang terdiri dari 5 pulau kecil dan 3 karang itu menjadi sumber sengketa kedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com