Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Peziarah Irak Tewas dalam Kecelakaan di Iran

Kompas.com - 17/09/2013, 14:55 WIB
TEHERAN, KOMPAS.COM — Sebanyak 16 warga Irak tewas dan 20 orang lainnya cedera, Selasa (17/9/2013), ketika bus mereka jatuh ke jurang saat mereka bepergian ke Iran barat, lapor kantor berita ISNA.

"Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 02.40 di pagi hari. Tampaknya pengemudi tertidur sehingga menyebabkan kecelakaan. Enam belas warga Irak tewas dan 20 lainnya cedera, beberapa cedera serius," kata seorang pejabat polisi di Provinsi Lorestan di Iran barat.

Banyak warga Irak pergi ke Iran untuk berziarah, terutama untuk mengunjungi kota-kota suci Muslim Syiah di Qom dan Mashhad.

Pekan lalu, sebanyak 44 orang tewas dan 39 terluka dalam tabrakan antara dua bis yang kemudian terbakar di jalan raya yang menghubungkan Qom dan Teheran. Kecelakan itu merupakan kecelakaan lalu lintas paling serius di Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Jalan-jalan di Iran merupakan yang paling berbahaya di dunia beberapa tahun lalu. Pada 1990-an, ada sekitar 28.000 kematian per tahun akibat kecelakaan lalu lintas sementara jumlah mobil saat itu hanya empat juta unit di negara itu. Namun, selama dua tahun terakhir, jumlah kematian di jalan telah menurun menjadi sekitar 20.000 per tahun walau jumlah mobil di jalan-jalan naik menjadi 17 juta unit.

Kehadiran polisi yang kuat di jalan-jalan dan kenaikan tajam jumlah denda bagi pelanggar lalu lintas telah membantu untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang mematikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com