Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi Target PBB Belum Maksimal

Kompas.com - 16/09/2013, 18:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Realisasi target PBB melalui Badan Kesehatan Dunia soal dua persen dari jumlah penduduk di sebuah negara untuk kecukupan darah belum maksimal. Hal inilah, sebagaimana menurut hemat Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla membuat pihaknya menggiatkan terus-menerus kegiatan donor darah di Indonesia untuk seluruh kalangan masyarakat. JUsuf Kalla mengemukakan hal itu kemarin saat perhelatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, pihak operator telekomunikasi Indosat, dalam siaran persnya, menyumbangkan mobil klinik Ceria sebagai bantuan memperluas kegiatan donor darah tersebut. Indosat saat ini memiliki 16 unit mobil klinik yang siap dioperasikan di seluruh Indonesia untuk mendukung pelayanan kesehatan ibu dan anak . Mobil klinik Ceria yang diluncurkan bersamaan dengan aksi donor darah merupakan pengembangan dari operasional mobil klinik sebelumnya. Hingga kini, mobil-mobil tersebut telah melayani sekitar 800 ribu orang sejak 2006 hingga 2012.  

Muda

Josephus Primus Ainun, Nisa, Ayu, dan Sari (kiri ke kanan) dari Komunitas Anak Jalanan Pesing, Jakarta Barat, bersama pemain biola profesional Cecillia Young (depan) memainkan partitur

Di samping itu, menjelang hari ulang tahun ke-68 PMI, imbuh Jusuf Kalla, pihaknya juga menunjuk beberapa agen perubahan dari berbagai kalangan dan profesi di Tanah Air. Salah satunya, PMI menunjuk seorang pemain biola Cecillia Young. "PMI akan melakukan sosialisasi misi dan visi serta perannya di kalangan generasi muda,"kata Jusuf Kalla.

Dara kelahiran Jakarta pada 11 Agustus 1995 sejak  lama  telah akrab  dengan alat musik gesek ini. Dalam kesempatan tersebut, pemilik rambut panjang ini  memperlihatkan kebolehannya memainkan lagu  Kebyar-Kebyar di hadapan Jusuf Kalla bersama para pemangku kepentingan lainnya di area Bundaran Hotel Indonesia (HI). "Ini waktunya kaum muda untuk aktif di bidang sosial, untuk mendorong kegiatan sosial melalui agen perubahaan,"kata Jusuf Kalla berkomentar.

Cecillia memang terbilang cukup panjang menorehkan prestasi. Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara ini, dua tahun silam, berhasil memadukan musik tradisional Bali ke dalam musik klasik modern melalui  kepiawaiannya menggesek biola pada album instrumental Bali Sutrepti.

Hingga kini, Cecillia pun masih mengajar privat biola bagi anak-anak sekolah internasional dan umum. Ia juga mengajar di tiga lembaga kursus musik.

Sejak setengah tahun silam, Cecillia melatih 27 anak jalanan bermain biola. Kebanyakan dari anak jalanan itu berasal dari kawasan Pesing di RT 002/RW 08, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Saat awal Ramadhan, Minggu (28/7/2013), berbagi bersama dengan sekitar 200 anak jalanan dalam acara buka puasa bersama  di kawasan  Meruya, Jakarta  Barat.

Ke depan, menurut Cecillia, dirinya bakal mempersiapkan pertunjukan solo bersama anak jalanan. Cecillia juga bakal mengeluarkan album musik daerah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com