Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkai Kapal Pesiar Costa Concordia Mulai Diangkat

Kompas.com - 16/09/2013, 17:27 WIB
ROMA, KOMPAS.com — Para pekerja dan pakar pengangkat bangkai kapal, Senin (16/9/2013), memulai upaya pengangkatan bangkai kapal pesiar Costa Concordia yang kandas di perairan Pulau Giglio, Italia.

Costa Concordia, yang memiliki panjang 290 meter dan berat 114.500 ton, tergeletak miring sejak kandas pada Januari 2012 dalam tragedi yang menewaskan 32 orang itu.

Operasi sulit yang sempat tertunda karena cuaca buruk itu dimulai setelah sebuah zona ekslusif ditetapkan di sekitar lokasi kandasnya kapal.

Koordinator pengangkatan kapal mengatakan, operasi ini akan berlangsung setidaknya selama 12 jam, dan memperingatkan pengangkatan itu akan mengakibatkan terbuangnya sampah kapal ke perairan Laut Tengah.

Namun, tim pengangkatan kapal menyatakan siap membersihkan ribuan ton sampah beracun yang dipastikan tumpah ke laut.

"Konsentrasi sampah akan dibatasi. Tidak akan ada masalah kontaminasi," kata Giandomenico Ardizzone, seorang pakar biologi kelautan yang terlibat dalam proyek ini.

Ardizzone mengatakan, 29.000 ton sampah termasuk logam berat dan bahan bakar akan terbuang ke laut, tetapi kuantitas sampah beracun yang terbuang tak akan membahayakan kondisi laut.

Kekhawatiran terbesar para pekerja proyek ini adalah kondisi lambung kapal Costa Concordia yang lemah. Dikhawatirkan lambung kapal ini tidak akan mampu menanggung beban kapal saat berhasil ditegakkan.

Orang yang bertanggung jawab atas upaya pengangkatan Costa Concordia ini adalah Nick Sloane, warga Afrika Selatan yang sudah berpengalaman mengangkat bangkai kapal di seluruh dunia.

Sloane dan timnya mengawasi pekerjaan ini melalui lima kamera, lima mikrofon yang ditempatkan di atas dek Costa Concordia.

Upaya pengangkatan kapal ini membuat warga Pulau Giglio lega karena tak lama lagi pemandangan buruk yang menutupi perairan mereka akan segera disingkirkan.

Namun, jika Costa Concordia berhasil ditegakkan, masih dibutuhkan beberapa bulan lagi sebelum kapal itu ditarik. Rencananya penarikan Costa Concordia baru akan dilakukan pada musim semi tahun depan untuk menghindari badai musim dingin. Setelah ditarik, nantinya Costa Concordia akan dipotong-potong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com