Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Man-yi "Usir" 260.000 Warga Jepang

Kompas.com - 16/09/2013, 12:05 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Topan Man-yi masih menyambangi Jepang pada Senin (16/9/2013) pagi ini dengan tiupan angin kencang berikut hujan lebat berkepanjangan. Menurut NHK, topan itu bahkan langsung menghantam ibu kota Jepang, Tokyo.

Selain Tokyo, topan yang terbilang dahsyat itu juga memporak-porandakan kota tua, Kyoto. Topan itu merusak rumah-rumah dan menimbulkan banjir di berbagai pelosok kota. Alhasil, menurut catatan badan meteorologi Jepang, topan itu "mengusir" sekitar 260.000 warga dari tempat tinggal mereka, mengungsi.

Tiupan topan Man-yi berkekuatan 162 kilometer per jam atau setara dengan 100 mil tiap jamnya. Hingga tengah hari ini, topan itu masih ada di Jepang.

Sementara itu, pemerintah Jepang sudah menyiapkan gugus tugas penyelamatan bagi para warga. Menurut Juru Bicara Kantor Perdana Menteri Jepang Hikariko Ono, tim sudah bergerak menuju Kyoto dan Prefektorat Shiga.

Catatan pemerintah Jepang menunjukkan, topan yang bertiup sejak Minggu itu sudah membuat 4 orang hilang dan 48 warga terluka. Tercatat 16 prefektorat di wilayah barat dan tengah Jepang terlanda oleh Man-yi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com