Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Sukses Uji Coba Misil yang Bisa Menjangkau China

Kompas.com - 15/09/2013, 22:24 WIB
Pieter P Gero

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - India untuk kedua kalinya mencatat sukses dalam uji coba penembakan misil yang mampu membawa kepala nuklir. Misil ini bisa terbang dengan membawa hulu ledak nuklir yang bisa mengjangkau kota-kota besar di China seperti Shanghai dan Beijing.

Ravi Gupta, jurubicara Organisasi Pengembangan dan Riset Pertahanan India, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita AP, Minggu (15/9/2013) melaporkan, uji coba misil Agni V nantinya akan dimasukkan dalam jajaran persenjataan India pada tahun 2014 atau 2015.

Misil ini bisa menjangkau jarak 5.000 kilometer dan uji coba yang sukses ini merupakan yang kedua setelah keberhasilan uji coba pada bulan April tahun lalu.

Keberhasilan misil yang bisa membawa hulu ledak nuklir ini memperlihatkan betapa India terus bertekad mengejar dominasi China dalam mengdominasi dan menjadi sebuah kekuatan militer di Asia.

China sejauh ini dilaporkan sudah mengungguli India dalam perlombaan misil. China juga memiliki kemapuan misil balistik antarbenua yang bisa mencapai wilayah apapun di India.

Kedua negara sejauh ini pernah terlibat dalam pertikaian perebutan wilayah dan perbatasan di seputar Pegunungan Himalaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com