Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirayakan, Raja Carl XVI Gustaf 40 Tahun Bertahta

Kompas.com - 15/09/2013, 22:00 WIB
Pieter P Gero

Penulis

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Raja Swedia Carl XVI Gustaf merayakan 40 tahun bertahta dengan mengadakan pesta dansa di halaman Istana di Stockholm, Minggu (15/9/2013).

Kantor berita AP melaporkan, peringatan 40 tahun bertahta bagi Raja Carl XVI Gustaf ini ditandai dengan ucapara syukur di gereja. Acara ini juga dihadiri sejumlah kepala negara dari seputar Swedia seperti negara-negara di kawasan Skandinavia yakni Norwegia, Denmark dan Finlandia.

Sebelumnya pada hari Sabtu diadakan jamuan santap malam dan penampilan konser. Pada hari Minggu malam, Wali Kota Stockholm Sten Nordin akan mengangkat tos bagi Sang Raja dan juga digelar pesta rakyat. Di sana akan ditampilkan tarian berirama seperti salsa, waltz, lindy hop dan foxtrot.

Dalam sebuah wawancara di radio Swedia, Raja Carl XVI Gustav yang sudah berusia 67 tahun mengindikasikan bahwa dirinya akan tetap terus bertahta sepanjang kesehatannya masih prima. Dia mengatakan tugasnya saat ini "sangat menarik dibanding sebelumnya".

Raja Kelahiran 30 April tahun 1946 ini beristrikan Ratu Silvia. Mereka dikaruniai tiga anak, Putri Victoria, Pangeran Carl Philips dan Putri Madeleine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com