Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Penyelamatan Korban Banjir Colorado Dilanjutkan

Kompas.com - 15/09/2013, 12:18 WIB
Negara bagian Colorado di Amerika Serikat melanjutkan operasi penyelamatan berskala besar setelah banjir hebat menewaskan empat orang dan ratusan lainnya hilang.

Ribuan orang dipaksa untuk meninggalkan rumah tinggal yang berada di wilayah terdampak.

Regu penyelamat juga diberangkatkan untuk memberikan pasokan makanan dan air minum selagi warga menunggu untuk dievakuasi.

Walau ketinggian banjir sudah mulai berkurang, hujan diperkirakan akan datang lagi dan otoritas setempat memperingatkan akan kemungkinan terjadinya banjir susulan.

Seorang juru bicara mengatakan, 200 orang masih hilang, tetapi mengatakan beberapa dari mereka mungkin hanya kehilangan kontak dengan keluarga dan kerabat, atau masih menunggu diselamatkan.

Akses jalan rusak

Namun, Sheriff Boulder County, Joe Pelle, mengatakan, pihaknya "beranggapan bahwa mungkin akan ada korban tewas atau korban luka lanjutan".

"Saya berharap dan berdoa itu tidak ada korban lagi, tetapi melihat kehancurannya, ada kemungkinan kuat itu terjadi," kata Pelle.

Pelle mengatakan, layanan darurat tidak bisa menjangkau warga di beberapa wilayah karena akses jalan sudah rusak.

Regu penyelamat menggunakan helikopter untuk mengangkat orang-orang yang terdampar di desa pegunungan di Jamestown, kata wartawan BBC Alastair Leithead melaporkan dari Los Angeles.

Mereka juga menggunakan truk besar untuk melewati banjir di kota Lyons untuk memberikan makanan dan air minum bagi mereka yang tidak bisa keluar dari lokasi.

Hujan lebat berhari-hari telah menyebabkan kerusakan parah pada perumahan dan memaksa tim penyelamatan yang berjumlah lebih dari 2.500 orang turun ke lokasi.

Sementara itu, Presiden Barack Obama telah menandatangani perintah darurat menyetujui bantuan bencana federal untuk wilayah Boulder County.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com