Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Masih Tergantung Presiden Barack Obama

Kompas.com - 14/09/2013, 15:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Filipina masih tergantung Presiden AS Barack Obama terkait aliansi bilateral di kawasan Asia Tenggara. Makanya, tulis AP pada Sabtu (14/9/2013), Manila berharap ada peningkatan kerja sama sebagai hasil kunjungan Presiden Obama pada 11 dan 12 Oktober mendatang.

Bagi Obama, kunjungan ke Filipina adalah kali pertama sejak dirinya menjadi presiden, lima tahun silam. "Kami berharap pada kunjungan ini,"kata Deputi Juru Bicara Kepresidenan Filipina Abigail Valte di Manila.

Menurut rencana, Barack Obama dan Presiden Filipina Benigno S Aquino III bakal membawa topik pembicaraan soal penguatan kerja sama keamanan dan ekonomi. "Kerja sama ini merekatkan pertemuan antarmasyakarat dan bangsa kedua negara,"kata Valte.

Valte menambahkan Departemen Luar Negeri Filipina bakal merilis detail kunjungan Barack Obama. "Kami bekerja sama dengan pihak AS,"katanya.

Filipina adalah seri terakhir kunjungan Obama dari empat kunjungan ke ASEAN. Sebelum ke Filipina, Obama akan bertandang ke Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

 

AFP PHOTO/Jewel Samad Presiden Amerika Serikat Barack Obama ikut turun memberikan layanan makanan kepada para penderita penyakit berat, Rabu (11/9/2013). Kongres Amerika menetapkan 11 September sebagai Hari Pelayanan, sebagai bagian dari peringatan atas serangan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com