Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Punya Anak di Luar Nikah, Jaksa Agung Korsel Mundur

Kompas.com - 13/09/2013, 15:57 WIB
SEOUL, KOMPAS.COM — Jaksa Agung Korea Selatan mengundurkan diri Kamis (13/9/2013) setelah hanya lima bulan menjabat. Pengunduran diri itu menyusul tuduhan bahwa dia punya seorang anak dari hasil hubungan di luar nikah.

"Hari ini, saya melepaskan diri dari tanggung jawab berat Jaksa Agung," kata Chae Dong-wook dalam sebuah pernyataan.

Dia tetap membantah tuduhan terhadap dirinya dan mengatakan dia akan mengajukan gugatan pencemaran nama baik terhadap sebuah koran yang terbit minggu lalu. Chosun Ilbo, harian beroplah terbesar di negara itu, Jumat lalu, menerbitkan sebuah artikel yang melaporkan bahwa  Chae Dong-wook menjadi ayah seorang anak yang lahir tahun 2002. Anak itu merupakan hasil hubungan di luar nikah Chae dengan seorang perempuan yang ia temui tahun 1999.

Pengunduran diri tersebut terjadi beberapa jam setelah Menteri Kehakiman Korea Selatan, Hwang Kyo-ahn, memerintahkan penyelidikan atas kasus tersebut.

Partai-partai oposisi telah menyatakan tuduhan itu direkayasa partai konservatif yang berkuasa, setelah Chae meloloskan tuduhan yang diajukan terhadap mantan kepala badan dinas rahasia  nasional dan mantan kepala polisi Seoul. Kedua orang itu terlibat dalam sebuah skandal melibatkan badan dinas rahasia yang ikut campur dalam pemilihan presiden tahun lalu.

"Kami mencatat fakta bahwa desakan pemecatan Chae muncul dari lingkaran penguasa ketika dua terdakwa didakwa dengan tuduhan melanggar undang-undang pemilu," kata Partai Demokrat yang merupakan oposisi utama dalam sebuah pernyataan setelah Chae mengundurkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com