Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar: Pemusnahan Senjata Kimia Suriah Akan Sulit

Kompas.com - 12/09/2013, 07:57 WIB
KOMPAS.com — Beberapa pakar senjata kimia mengatakan, upaya internasional apa pun untuk mengawasi persenjataan gas saraf yang sangat luas di Suriah dan kemudian memusnahkannya akan merupakan suatu tugas yang luar biasa sulit. Pakar-pakar ini mengatakan kepada VOA, ini merupakan misi yang membutuhkan puluhan tahun untuk menyelesaikannya.

Memusnahkan senjata-senjata kimia dalam keadaan terbaik pun sulit, dan secara signifikan jauh lebih berbahaya di Suriah, tempat pertempuran antara pasukan yang mendukung Presiden Bashar al-Assad dan para pemberontak yang ingin menggulingkannya masih berkecamuk.

Direktur riset pada Asosiasi Pengawasan Senjata yang bermarkas di Washington, Tom Colina, mengatakan berbagai kendala pada masa perang ini dapat luar biasa beratnya dan tidak pernah dilakukan.

Seorang pakar senjata pemusnah massal di Universitas George Mason, Gregory Koblentz, ragu bahwa Suriah akan benar-benar menyerahkan persediaan sarin, gas mustard, dan VX yang mematikan.

Para analis mengatakan bahwa mereka percaya Suriah memiliki persediaan senjata kimia terbesar ketiga di dunia, setelah Amerika dan Rusia, yang akan memusnahkan persediaan mereka. Collina mengatakan memusnahkan senjata kimia Suriah akan sulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com