Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota di Jerman Cabut Gelar Warga Kehormatan untuk Hitler

Kompas.com - 11/09/2013, 20:48 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Diktator Jerman Adolf Hitler tak lama lagi akan kehilangan gelar warga kehormatan kota Goslar, kota terakhir yang menjauhkan diri dari sang pemimpin Nazi itu.

Sebelumnya, kota di wilayah utara Jerman itu menerima mosi yang meminta agar gelar warga kehormatan yang disandang Hitler dicopot. Demikian penjelasan juru bicara pemkot Goslar, Christian Burgart.

Langkah ini, lanjut Burgart, merupakan inisiatif anggota dewan kota dari partai kiri Die Linke.

"Namun, usulan ini harus melewati persetujuan dewan administratif Goslar pada 29 Oktober mendatang," lanjut Burgart.

Sejumlah pemimpin lokal mengatakan, sejak Hitler tewas pada 1945, gelar warga kehormatan yang disematkan kepadanya pada 1934 secara otomatis hilang.

"Meski demikian pemerintah kota ingin mempercepat aspek legal masalah ini dengan sebuah langkah simbolis," tambah Burgart.

Burgart melanjutkan, pemerintah kota berencana melucuti gelar kehormatan Hitler bukanlah karena upaya untuk menghapus masa lalu.

"Tahun-tahun itu (saat Hitler menjadi warga kehormatan) tetap terjadi, kami tak bisa mengubah itu," ujar Burgart.

Goslar, kota di wilayah negara bagain Lower Saxony berpenduduk 42.000, adalah satu dari sekitar 4.000-an kota yang memberikan gelar warga kehormatan untuk Hitler.

Setelah Perang Dunia II berakhir, sebagian besar kota itu mencopot gelar yang pernah diberikan kepada Hitler. Sebagian kota baru mencabut gelar itu belum lama ini, misalnya kota Trier yang mencabut gelar untuk Hitler pada 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com