Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Jumlah Miliarder China Meningkat Pesat

Kompas.com - 11/09/2013, 20:22 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Jumlah para miliarder China tahun ini meningkat tajam, dengan seorang pengusaha yang membeli jaringan bioskop di AS dinobatkan sebagai pengusaha terkaya di China.

Menurut Hurun Report, yang memantau para orang kaya China, tahun ini warga China yang memiliki kekayaan minimal 1 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 11 triliun tercatat sebanyak 315 orang.

Jumlah ini meningkat tajam dibanding tahun lalu yang hanya tercatat 64 orang saja. Hurun melaporkan, lima peringkat teratas berhasil menggandakan kekayaan mereka dalam satu tahun terakhir.

Pengembang Wang Jianlin, pemilik Dalian Wanda Group, kelompok usaha yang mengendalikan hotel, bioskop, dan pusat perbelanjaan, menduduki daftar teratas orang terkaya di China.

Ini adalah kali pertama Wang menduduki peringkat teratas orang terkaya China versi Hurun Report.

Wang memiliki kekayaan sebesar 22 miliar dollar AS atau hampir Rp 250 triliun, melampaui "juara" tahun lalu yakni pengusaha minuman Zong Qinghou dengan kekayaan sebesar 18,7 miliar dollar AS.

Tahun lalu, perusahan milik Wang Jianlin membeli jaringan bioskop AMC dengan harga 2,6 miliar dollar. Transaksi itu menjadi akuisisi perusahaan AS oleh China yang terbesar hingga saat ini.

Di peringkat ketiga duduk Ma Huateng alias Pony Ma, pendiri Tencent, penyedia games dan hiburan online dengan kekayaan sebesar 10,1 miliar dollar AS.

Sedangkan perempuan terkaya China, Yang Huiyan, menduduki peringkat keempat dengan total kekayaan 8,3 miliar dollar AS.

Sepuluh tahun lalu, tidak ada satu orang pun di China tercatat sebagai miliarder. Kini, China memiliki jumlah miliarder terbanyak kedua di dunia, hanya kalah oleh Amerika Serikat.

Salah satu sumber kekayaan para miliarder baru itu adalah sektor properti. Hurun mencatat bahwa empat dari 1.022 orang yang masuk dalam daftar Hurun mendapatkan kekayaan mereka dari sektor properti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com