Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak Sinai Ledakkan Dua Fasilitas Militer Mesir

Kompas.com - 11/09/2013, 16:09 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Dua serangan bom dengan target anggota angkatan darat Mesir terjadi di kawasan bergolak semenanjung Sinai, Rabu (11/9/2013). Di kawasan ini angkatan darat Mesir mencoba memadamkan pemberontakan kelompok militan yang semakin sengit pasca-kejatuhan Muhammad Mursi.

"Sebuah ledakan keras terdengar di markas intelijen militer di Rafah dekat perbatasan dengan Jalur Gaza," kata seorang perwira yang tak ingin disebutkan namanya.

Sejumlah saksi mata mengatakan, ledakan keras menghancurkan jendela sejumlah bangunan di sekitar markas intelijen militer di kawasan Imam Ali, Rafah.

Beberapa menit setelah ledakan pertama, ledakan kedua menghantam sebuah pos pemeriksaan militer tak jauh dari lokasi ledakan pertama. Sejauh ini belum dilaporkan adanya korban jiwa.

Serangkaian serangan ini terjadi hanya beberapa hari setelah sebuah kelompok militan yang terinspirasi Al Qaeda di kawasan itu mengklaim telah mendalangi aksi serangan terhadap menteri dalam negeri Mesir di Kairo pekan lalu.

Dalam pernyataannya, kelompok Ansar Beit al-Maqdis menuding menteri dalam negeri Mesir Mohammed Ibrahim dan panglima angkatan bersenjata Abdel Fattah al-Sisi atas tewasnya ratusan orang pendukung Muhammad Mursi.

"Kami menyeru kepada seluruh Muslim Mesir agar menjauh dari bangunan dan fasilitas milik militer dan kementerian dalam negeri demi keamanan mereka," kata kelompok itu.

Militer Mesir sudah mengerahkan ribuan pasukan didukung kendaraan militer ke Sinai untuk memberantas pemberontakan yang semakin membara di kawasan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com