Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Gelar Pencarian Korban Hilang akibat Tsunami

Kompas.com - 11/09/2013, 15:44 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Polisi dan pasukan penjaga pantai Jepang, Rabu (11/9/2013), menggelar operasi besar-besaran untuk mencari lebih dari 2.500 jasad korban gempa dan tsunami dahsyat yang menghantam negeri itu 2,5 tahun lalu.

Sebanyak 90 orang tim pencari menyisir garis pantai dan perairan distrik Onahama, prefektur Fukushima, sekitar 50 kilometer sebelah selatan PLTN Fukushima.

"Keluarga korban hilang ini masing sangat sedih. Kami ingin menemukan para korban hilang ini atau barang-barang milik mereka," kata Hiroshi Kuno, kepala kepolisian Iwaki Higashi.

Pencarian serupa juga digelar di wilayah timur laut Jepang.

Garis pantai yang panjang, termasuk muara-muara sungai, sudah beberapa kali disusuri. Namun, para pencari mencoba memastikan tak ada titik yang terlewatkan.

Prefektur Iwate, Miyagi, dan Fukushima adalah daerah yang terparah akibat guncangan gempa 9 pada skala Richter yang kemudian disusul terhangan tsunami pada 11 Maret 2011.

Sebanyak 15.883 orang dipastikan meninggal dunia, sebagian besar di prefektur Miyagi. Sementara sebanyak 2.654 orang dinyatakan hilang dan dianggap meninggal dunia.

Saat ini, sebanyak 300.000 orang yang meninggalkan kediamannya akibat tsunami dan kebocoran PLTN Fukushima masih tinggal di kamp-kamp penampungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com